Cara untuk Menambahkan Extra Zzzz ….


Jika kantung di bawah mata Anda mulai tampak seperti tas koper, Anda tahu Anda tidak cukup tidur. Berikut ini beberapa cara untuk menambahkan extra Zzzz…, atas bantuan Deepak Chopra, M.D., di dalam bukunya Restful Sleep. Makan dini dan ringan. Makan besar larut malam memang sangat penting untuk main kartu dan nonton film midnight, tetapi sangat buruk untuk tidur Anda. Anda perlu memberikan waktu tenang bagi metabolisme tubuh. Anda akan membantu mempercepat pencernaan dan merasa lebih rileks jika Anda berjalan kaki 5 sampai 15 menit setelah makan malam. Mulailah melambat. Larut malam adalah untuk istirahat, bukan untuk memetik gitar. Atau membersihkan rumah. Atau menelepon. Pada dasarnya Anda ingin bosan dan mengantuk pada saat Anda menyentuh bantal, melambatlah dengan majalah, musik, atau percakapan dengan istri atau pasangan Anda. Dan minumlah air hangat, jangan kopi! Kafein tinggal di darah selama hingga enam jam dan dapat membuat Anda terjaga di tengah malam. Lakukan yang baik untuk tubuh. Bukan hanya ajaran kuno bahwa minum susu hangat sebelum tidur akan membantu Anda tertidur lelap. Susu mengandung triptofan, suatu asam amino alami yang membantu tidur. Minumlah ringan. Walaupun alkohol dapat membuat Anda teler, alkohol sama sekali tidak memberikan tidur yang menyegarkan. Dalam faktanya, alkohol dapat menghambat tidur mimpi, itulah mengapa minum alkohol dapat membuat Anda merasa lebih lelah keesokan harinya. Jadilah burung hantu siang. Sibuk dan aktif selama siang hari akan membantu Anda tidur lebih baik di malam hari. Tubuh membutuhkan tidur yang baik untuk menggantikan energi dan membuat Anda merasa segar. Hargai suasana. Penelitian menunjukkan bahwa melihat hal yang menyenangkan dapat menenangkan dan membantu Anda tidur. Jadikan ruang tidur Anda menyenangkan. Jika Anda memiliki ruang dengan pemandangan, letakkan tempat tidur di depan jendela. Atau gantung lukisan atau letakkan akuarium di sudut. Setel jam. Jika Anda sering gelisah dan bolak-balik satu jam atau lebih setelah berbaring di tempat tidur, cobalah memutar mundur jam. Pasang alarm untuk berbunyi beberapa menit lebih awal setiap hari hingga total 15 sampai 30 menit per minggu. Bangun lebih dini secara alami menyebabkan Anda merasa lebih lelah di malam hari, sehingga Anda akan tertidur lebih cepat. Tetapi penting untuk mematuhi jadwal baru, bahkan di hari libur. Jika tidak, tubuh tidak mampu menyesuaikan diri dengan jam baru. Oke?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s